Buah Acai Berry dan Pengaruhnya Untuk Kesehatan

Ketika membicarakan mengenai kesehatan, buah Acai Berry tidak bisa dilupakan begitu saja. Buah yang memiliki bentuk mirip blueberry tersebut memiliki banyak antioksidan. Di bidang makeup dan kosmetik, buah Acai banyak digunakan sebagai bahan untuk perawatan kulit. Namun untuk masalah penurunan berat badan hal tersebut masih menjadi perdebatan meskipun buah ini diakui sebagai bagian dari makanan sehat yang dapat membantu mengurangi berat badan.

Acai berry sendiri berasal dari pohon kelapa acai yang berasal dari Amerika Tengah dan Selatan. Acai Berry kaya akan antioksidan dibandingkan cranberry, raspberry, blackberry, stroberi, bahkan blueberry. Menurut penelitian, acai berry benar-benar menjadi populer di tahun 2009. Menurut Spins, sebuah firma riset dan konsultasi pasar untuk industri produk alami, orang Amerika menghabiskan lebih dari 108 juta dollar AS untuk produk acai dalam 52 minggu terakhir di bulan Februari.

Manfaat Acai Berry Bagi Kesehatan

Buah Acai Berry  ini mencakup aktivitas antioksidan tingkat tinggi yang mirip dengan cranberry, tetapi lebih dari apa yang ditemukan dalam blueberry dan stroberi. Oxygen Radical Absorbance Capacity (ORAC) yang mengukur daya antioksidan dari ampas buah acai / bubuk kulit dan memiliki nilai ORAC tertinggi di antara buah dan sayuran, atau 10 kali lebih banyak antioksidan daripada buah anggur merah.

Acai Berry memiliki gula yang sangat rendah, tetapi mengandung jumlah kalsium, serat, dan vitamin A yang sangat baik. Acai Berry juga mengandung senyawa antosianin seperti resveratrol dan asam sianida dan ferulat, yang tidak hanya memberikan buah dan sayuran warna yang berbeda, tetapi juga bekerja sama dengan flavonoid untuk mempertahankan tubuh terhadap radikal bebas yang sangat berbahaya. Bahkan, acai berry mengandung 10 hingga 30 kali lebih banyak kekuatan antosianin daripada anggur merah. Asam lemak yang bermanfaat seperti asam oleat, salah satu minyak yang ditemukan dalam minyak zaitun, dan tingkat serat makanan yang sehat menjaga sistem tetap berfungsi dengan lancar.

Sifat-sifat yang terkandung dalam acai berry dapat membantu mencegah masalah-masalah kesehatan seperti radang sendi, peradangan, obesitas, disfungsi ereksi, penyakit neurologis, dan alergi. Penelitian laboratorium menunjukkan bahwa buah Acai Berry memiliki efek positif pada penyakit yang terkait dengan stres oksidatif, penyakit jantung, dan kanker.

Acai berry harus dikonsumsi dalam jumlah sedang, karena buah Acai Berry masih mengandung gula, meskipun dalam kadar yang lebih rendah daripada buah lainnya. Ingat, fruktosa bisa berbahaya bagi kesehatan Anda dalam jumlah berlebihan.

Penelitian Tentang Buah Acai Berry

Sebuah studi yang diterbitkan pada pertengahan 2011 melaporkan bahwa Buah Acai Berry tidak hanya menawarkan potensi manfaat kesehatan karena kapasitas pembilasan antioksidan, tetapi juga menekan aktivitas biologis yang akan menurunkan integritas seluler.

Penelitian yang dipublikasikan pada bulan September 2012 melaporkan efek Buah Acai Berry pada kanker urinoir kandung kemih yang diinduksi secara kimia pada tikus, dan multiplisitas Transitional Cell Carcinoma (TCC). Setelah 10 minggu pengobatan dan perawatan, buah Acai Berry dapat mengurangi insiden TCC, multiplisitas, dan proliferasi sel tumor, serta secara signifikan mengurangi kerusakan DNA. Penulis penelitian melaporkan bahwa perawatan menggunakan Buah Acai Berry  berdampak positif  karena kemampuan antioksidanya yang cukup tinggi.

Tujuan dari penelitian tersebut adalah untuk mengevaluasi bagaimana Buah Acai Berry mempengaruhi risiko gangguan metabolik. Penelitian ini melibatkan 10 orang dewasa yang kelebihan berat, 10 orang dewasa tersebut mengambil 100 gram Buah Acai Berry dua kali sehari selama sebulan. Sebelum penelitian, glukosa darah setiap subjek, tekanan darah, kolesterol, trigliserida, dan biomarker lainnya diukur.

Pada akhir percobaan 30-hari, para peneliti menemukan pengurangan glukosa , kadar insulin, dan kolesterol total; Namun, tidak ada efek pada tekanan darah. Para ilmuwan menyimpulkan bahwa Buah Acai Berry mengurangi tingkat penanda penyakit metabolik yang dipilih pada subjek yang kelebihan berat badan.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.