Tips Masker Wajah Alami Untuk Memutihkan Kulit!

Kulit putih merupakan impian seorang wanita. Berbagai cara dilakukan demi mendapatkan kulit putih dan bersih. Tapi, tahukah kamu sebenarnya terdapat cara yang mudah dan aman untuk memutihkan kulit? Salah satunya dengan membuat masker wajah alami di rumah.

Terdapat berbagai pilihan bahan alami untuk membuat masker wajah. Kamu bisa membuat masker dari satu bahan atau mengombinasikan dua hingga tiga jenis bahan alami ke dalam masker racikanmu.

Berikut Tips Masker Wajah Alami Untuk Memutihkan Kulit!

1. Labu Kuning

Labu kuning merupakan buah kaya antioksidan, serta mengandung vitamin C dan A. Kedua vitamin tersebut efektif untuk memutihkan kulit dan banyak ditambahkan ke dalam produk-produk perawatan wajah yang mahal.

Untuk membuat masker wajah alami dari labu kuning, kamu bisa melumatkan campuran dua cangkir labu hingga halus. Oleskan masker pada wajah, diamkan 15 menit kemudian bilas perlahan. Masker ini juga bisa dicampurkan dengan yoghurt dan madu untuk hasil kulit putih yang lebih optimal.

2. Mentimun

 

Mentimun yang dikenal dengan nama latin Cucumis sativum tidak hanya digunakan untuk memudarkan bekas jerawat ataupun menyamarkan mata panda. Bahan ini juga dipercaya dapat membantu mengembalikan rona cerah pada kulitmu.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa kandungan lutein di dalam mentimun mampu menghambat enzim tironase dan menghambat pembentukan pigmen melanin, yang menyebabkan kulit berwarna gelap.

Selain diiris dan ditempelkan pada wajah yang sudah bersih, masih terdapat berbagai cara membuat masker mentimun sebagai masker wajah alami untuk memutihkan kulit. Contohnya dengan mencampurkan mentimun bersamaan bahan-bahan lain seperti oats, alpukat, putih telur, atau yoghurt.

3. Stroberi

Stroberi merupakan buah dengan kandungan vitamin C yang tinggi. Kandungan tersebut dapat memutihkan dan meremajakan kulit. Kandungan senyawa dalam buah ini dapat pula melawan radikal bebas, yang merusak sel kulit dan menghancurkan kolagen.

Masker wajah stroberi diracik dengan melumatkan campuran satu cangkir stroberi, yoghurt, dan madu. Oleskan masker pada wajah, diamkan selama 15 menit kemudian bilas perlahan. Masker ini dapat kamu gunakan satu atau dua kali dalam seminggu.

4. Kunyit

Rempah ini telah digunakan berabad-abad dalam dunia pengobatan maupun kecantikan. Salah satu yang bisa kita pakai adalah kemampuannya untuk memutihkan kulit.

Kunyit mengandung senyawa antioksidan dan anti radang yang baik untuk kesehatan kulit. Curcumin adalah salah satu contohnya. Senyawa tersebut dikenal dapat memudarkan flek hitam, bekas jerawat, dan membuat kulit menjadi lebih cerah secara alami.

5. Madu

Madu memiliki segudang manfaat, mulai dari untuk kesehatan sampai kecantikan. Salah satunya untuk memutihkan kulit, mempertahankan kelembapan, menyembuhkan kulit kering atau pecah-pecah dan membuat kulit lebih kencang serta halus.

Masker wajah alami berbahan madu dapat dibuat dengan menghangatkan sepoci kecil madu dalam pemanas dengan api kecil. Oleskan madu ke seluruh wajah Anda dan biarkan selama 15 menit. Bilas bersih dengan air hangat, lalu diamkan beberapa saat.

6. Kefir

Saat ini, masker kefir banyak digunakan karena beragam efeknya bagi kecantikan kulit. Penggunaan masker ini secara rutin dapat membantu menyamarkan tanda-tanda penuaan dini, serta mampu mengangkat sel-sel kulit mati penyebab kekusaman pada wajah.

Hasilnya? Wajahmu akan terlihat cantik dan putih alami. Namun, pastikan untuk menyimpan susu fermentasi ini di dalam kulkas agar probiotik di dalamnya tetap terjaga.

7. Tomat

Tomat mengandung senyawa likopen yang berfungsi dalam menjaga kesehatan kulit. Senyawa ini membantu menjaga kulit dari penggelapan (pigmentasi) karena paparan sinar matahari yang berlebihan.

Selain likopen, tomat juga mengandung berbagai senyawa antioksidan dan vitamin yang berperan dalam menjaga kesehatan kulit, mengurangi pembentukan jerawat, dan mengurangi produksi minyak berlebihan.

8. Yoghurt

Terdapat banyak manfaat yoghurt bagi tubuh. Salah satunya mampu membuat kulit menjadi lebih halus, putih, dan bersih. Kandungan asam laktat dalam yoghurt dapat membantu pengelupasan sel kulit mati dan menyamarkan warna kulit yang tidak merata.

Yoghurt yang tepat untuk digunakan sebagai masker wajah adalah plain yoghurt (yoghurt tanpa rasa dan kandungan buah).

Meracik masker wajah yoghurt dilakukan dengan mencampurkan secangkir yoghurt dengan 2-3 tetes minyak zaitun dan 1 sendok makan madu. Oleskan pada wajah Anda, biarkan selama 20 sampai 30 menit, lalu bilas perlahan dan keringkan.

9. Lemon

Lemon adalah buah yang tinggi kandungan vitamin C dan banyak dimanfaatkan untuk menjaga kecantikan kulit. Manfaat masker lemon ternyata juga dapat kamu gunakan untuk mendapat kulit yang cerah dan bersinar.

Caranya cukup mudah, campurkan air lemon dengan beberapa bahan lain seperti madu atau yoghurt. Gunakan secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

10. Minyak Zaitun

Sudah terkenal bahwa minyak zaitun bermanfaat bagi kecantikan. Penggunaannya pada kulit telah diterapkan sejak dulu.

Minyak zaitun mengandung zat antioksidan yang dapat menghindarkan kulit dari kerusakan radikal bebas serta mencegah terjadinya penuaan dini pada kulit. Minyak zaitun dapat langsung dioleskan pada kulit, gosok kulit dengan kain secara perlahan kemudian bilas.

11. Lidah Buaya

Lidah buaya dipercaya dapat menjaga kulit wajah tetap cerah. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa tanaman ini dapat melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Selain itu, gel lidah buaya juga dapat digunakan sebagai pelembab alami yang menyehatkan bagi kulit kamu.

12. Teh Hijau

Teh hijau banyak digunakan sebagai masker karena mengandung banyak senyawa antioksidan yang berperan melawan penuaan dini. Selain itu, teh hijau mengandung vitamin C yang berperan untuk memutihkan kulit.

Masker teh hijau dibuat dengan mengeluarkan teh dari kantung yang sebelumnya sudah disimpan dalam lemari pendingin. Tempelkan teh hijau pada wajah. Diamkan masker teh hijau selama 15 menit kemudian bilas dengan air hingga bersih.

13. Bubuk Kopi

Kopi hitam ternyata juga punya manfaat yang besar untuk kulit. Sebuah studi mengungkapkan bahwa tanaman ini, khusunya varian arabica, mengandung sejumlah antioksidan yang berguna untuk menghambat penggelapan (pigmentasi) kulit.

Selain itu, kopi juga dipercaya dapat menghambat penuaan dini karena menurunkan pembentukan garis halus dan kerutan pada kulit.

Ternyata, ada banyak cara alami untuk memutihkan kulit, bahan-bahannya yang mudah didapatkan di sekitar kita. Yang terpenting adalah terapkan konsistensi dan kesabaran dalam menggunakan masker wajah alami untuk memutihkan kulit, semua demi kulit wajah terlihat bersinar secara natural.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.