Waspada !!! 4 Jenis Makanan Ini Harus Kamu Hindari Saat Buka Puasa

Neneklombok.id – Berpuasa satu bulan penuh di bulan Ramadhan memang dapat bermanfaat untuk kesehatan. Akan tetapi, jika kamu mengonsumsi makanan yang salah meskipun termasuk makanan enak, akan terjadi masalah pada pencernaan yang berakhir pada puasa yang tidak lancar. Untuk itu, simak empat jenis makanan yang harus kamu hindari selama Ramadhan agar kesehatan terjaga dan puasa dapat berjalan dengan baik. Yuk, intip!

1. Makanan Pedas

Makanan pedas saat ini sedang sangat populer di masyarakat Indonesia. Banyak restoran menawakan beragam menu makanan pedas dengan tingkatan level yang sangat menggugah rasa. Akan tetapi, untuk selama Ramadan, ada baiknya kamu menghindari menu-menu “makanan enak” seperti itu. Khususnya bagi kamu yang memiliki masalah pada asam lambung. Hal ini disebabkan karena saat pausa, produksi asam dalam lambung akan meningkat sehingga kondisinya lebih sensitif.

 

2. Kopi, Teh, dan Minuman Bersoda

Saat berbuka puasa, es teh manis, soda gembira, atau kopi susu memang sangat menarik untuk menjadi minuman pendamping. Akan tetapi, minuman-minuman itu sebaiknya dihindari karena dapat memicu produksi asam lambung. Jika kamu mengonsumsinya sesaat setelah berbuka, tidak jarang perut akan merasa kembung dan mual. Teh pun juga dapat membuat kamu lebih sering buang air kecil. Risikonya, kamu akan kekurangan cairan selama berpuasa.

 

3. Makanan Instan dan Junk Food

Selama berpuasa, organ pencernaan sebenarnya bekerja lebih santai dari biasanya. Itulah sebabnya, kamu harus lebih banyak mengonsumsi air dan serat untuk memudahkan kerja organ-organ tersebut. Jangan heran jika kamu memilih menu makanan instan untuk sahur dengan “makanan enak” dan praktis seperti itu, kamu akan merasakan perut kram dan tidak nyaman di siang harinya. Apalagi mengingat kandungan garam yang tinggi sehingga membuat kamu mudah merasa haus. Jadi, pilihlah makanan rumahan yang sehat dan kaya serat.

 

4. Goreng-Gorengan

Terakhir, menu makanan enak yang kerap kali menjadi hidangan takjil saat Ramadan adalah gorengan. Sayangnya, mengonsumsi aneka makanan gorengan ternyata dapat berisiko meningkatkan produksi asam dalam lambung. Tidak hanya itu, gorengan juga masuk dalam kategori makanan yang rendah serat sehingga sulit untuk dicerna dalam tubuh. Itulah sebabnya, kamu harus membatasi konsumsi asupan gorengan dan sertai buah-buahan segar dan sayuran hijau jika memang harus mengonsumsi makanan gorengan.

Nah, itulah empat jenis kuliner yang harus kamu antisipasi selama bulan Ramadan. Semoga puasa tahun ini lancar, ya!

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.